Peziarah Mancanegara Tertarik Kotak Amal di Makam Gus Dur


Peziarah Mancanegara Tertarik Kotak Amal di Makam Gus Dur

Makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur ) mantan Ketua Umum PBNU di komplek Pesantren Tebuireng Jombang, tidak pernah sepi dari peziarah. Hal ini seperti yang terlihat, Sabtu (3/6) sore, mereka datang dari berbagai penjuru daerah di Indonesia bahkan tidak jarang juga dari mancanegara.

Rombongan peziarah yang datang dari mancanegara itu adalah mahasiswa Miami Dade College Florida, Amerika Serikat . Rombongan mahasiswa yang didampingi Prof  Michael Lenaghan salah satu dosennya ini menyempatkan berziarah ke makam Gus Dur setelah belajar Multikulturalisme di Pesantren yang didirikan KH HAsyim Asy’ari ini.

Di kompleks makam, mereka mendapatkan penjelasan bahwa para peziarah biasanya menyalurkan donasi atau infaq di kotak amal yang disediakan Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng (LSPT).  “ Kotak amal tersebut dikelola untuk pelayanan sosial, kesehatan dan ekonomi bagi dhuafa di sekitar Pesantren Tebuireng,” terang Mohammad As'ad Direktur LSPT.

Mendengar cerita itu, Prof  Michael Lenaghan spontan mengeluarkan dompetnya dan menanyakan lokasi kotak amal tersebut. Pria yang mengaku pernah tiga kali bertemu Gus Dur ini pun bergegas menuju kotak amal dan memasukkan selembar uang dolar Amerika.

Langkah dosen senior itu segera diikuti oleh dua mahasiswanya, Joshua Elias dan Enrique Sepulvedas. Ketika ditanya kenapa ikut-ikutan memberika donasi, pria paruh baya tersebut menjawab singkat, "That's what friends do," ujarnya dengan nada bangga.


Selain donasi yang dimasukkan ketiga orang tersebut ke kotak amal, mereka secara kolektif juga menyerahkan donasi sebesar Rp. 1,5 juta kepada LSPT. Donasi tersebut diterima oleh Mohammad As'ad mewakili pengurus LSPT. (Muslim Abdurrahman)



Sumber : nu.or.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Peziarah Mancanegara Tertarik Kotak Amal di Makam Gus Dur "

Posting Komentar