MENGAPA SABAR & SHOLAT SEBAGAI PENOLONG KITA DI AKHIRAT? INI JAWABANNYA



Image result for shalat dan sabar

Karena sabar merupakan poros, sekaligus inti & asas segala macam kemuliaan Akhlak. MISALNYA:

*Syukur, Adalah bentuk kesabaran untuk tidak mengingkari Nikmat dari Allah .

* Qana'ah (merasa cukup dengan apa yang ada) Adalah sabar menahan diri dari angan-angan dan keserakahan. . * dan byk akhlak lain nya, semuanya bersumbu pd kesabaran. Secara psikologis kita bisa memaknai kesabaran sebagai suatu kemampuan u/ menerima, mengelola&menyikapi kenyataan. Jadi sabar: Upaya menahan diri dlm melakukan sesuatu/ tidak melakukan sesuatu untuk mencapai Ridho Allah. Maka orang yg sabar: Orang yg mampu menempatkan diri & bersikap optimal dlm setiap keadaan.

Sedangkan SHOLAT: Ibadah yg memadukan pikir, gerak & rasa. Ketiganya terpadu secara serasi, selaras & saling melengkapi. Dalam sholat yg khusyu akan menghasilkan jiwa yg bersifat MUTHMA'INNAH. Orang yg memiliki jiwa muthma'innah inilah yg pada akhirnya akan mampu mengaplikasikan nilai2 sholat dlm keseharian. Prakteknya tercermin dlm sikap penuh syukur, pemaaf, lemah lembut, penyayang, tawaqal, qana'ah, menjaga izzah & iffah,, istiqomah, dsb.

Dengan kata lain, orang yg sholat nya baik dalam hidupnya akan dipenuhi sifat sabar yg tercermin dlm tingginya Akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Karena itulah Rosulullah, para sahabat & orang2 shaleh menjadikan sholat sebagai istirahat, sarana pelajaran, media pembangkit energi, sumber kekuatan, & pemadu untuk meraih kemenangan. Memang sholat yg baik akan menghasilkan kemampuan bersabar.

Sebaliknya kesabaran yg baik akan menghasilkan sholat yg berkualitas. Yaitu terjadinya dialog dgn Allah SWT sehingga melahirkan kenikmatan& ketenangan yg tak terhingga dihati. Barang siapa yg mampu merasakan Nikmatnya berdialog dgn Allah SWT di dlm sholatnya, maka niscaya Allah SWT akan membuka lebar2pintu pertolongan-Nya. Sudahkah Sholat kita demikian? Oleh karena itu, mari kita berusaha menegakan sholat dan mewarnai kehidupan kita penuh kesabaran, agar pintu pertolongan senantiasa terbuka lebar untuk kita... Amiin... Semoga bermanfaat



Sumber : imgrum.org

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " MENGAPA SABAR & SHOLAT SEBAGAI PENOLONG KITA DI AKHIRAT? INI JAWABANNYA "

Posting Komentar