Inilah 7 Ayat Ampuh yang Membuat Hati Jadi Tenang Dan Tentram




Persoalan terbukti tak sempat hilang dari kenasiban manusia. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari urusan rumah tangga, urusan pekerjaan serta persoalan lainnya. Kondisi ini  sering kali membikin hati seseorang yang mengalaminya menjadi tak tenang serta dilanda rasa gundah yang menarik.

Terlalu sering mempunyai persoalan juga bisa menyebabkan seseorang kehilangan semangat nasibnya. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk segera mencari solusi untuk memulihkan hati yang gundah.

Biasanya kami sibuk mencari pertolongan kawan untuk bisa turut menyelesaikan persoalan kita. Perbuatan ini sering justru memunculkan persoalan baru. Padahal ada pengobat ampuh untuk menumbuhkan perasaan tenang serta bersemangat.

Merupakan Alquran yang berisi ayat-ayat yang menenangkan serta menyemangati. Makna kandungan tujuh ayat berikut ini bisa menenangkan serta membikin manusia lebih dekat terhadap Allah SWT. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. QS. Al-Ra’d: 28
Ketika seseorang sedang dilanda persoalan yang membikin hatinya tak tenang serta menjadi tak bersemangat dalam menjalanu kenasiban, maka bacalah Al-Qur’an Surah Al-Ra’d ayat 28. Dengan membaca ayat ini, bakal membikin hati kami menjdi tenang sebab mengingat-Nya. Allah SWT berfirman yang artinya:

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ
“(Yaitu) orang-orang yang beriman serta hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS: Al Ra`d:28).

2. QS. Al-Zalzalah: 7-8
Tidak sedikit orang yang menyepelekan amalan-amalan kecil, padahal sebetulnya di dalam Islam semua lakukanan itu bakal diperhitungkan mesikipun sebutir atom.

Tak sedikit orang yang percaya bahwa dengan melakukan amalan-amalan kecil dalam membantu orang lain bakal membikin nasibnya menjadi lebih bersemangat serta memberbagi pengertian dalam setiap langkah.

فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ () وَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ
“Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya Dirinya bakal menonton (balasan)nya. serta Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya Dirinya bakal menonton (balasan)nya pula.” (QS. Al-Zalzalah: 7-8)

3. QS. Hud: 119
Ketika seorang mungkin menyadari bahwa ia diciptakan atas dasar rahmat serta kasih sayang dari Allah SWT, maka bakal memunculkan kesadaran dalam nasibnya. Bakal bakal menjadi pribadi yang senantiasa berharap bakal kasih sayang Allah serta jauh dari rasa putus asa.

إِلَّا مَن رَّحِمَ رَبُّكَ ۚ وَلِذَٰلِكَ خَلَقَهُمْ …
“Kecuali orang-orang yang diberi rahmat oleh Tuhanmu. serta untuk Itulah Allah menciptakan mereka …” (QS. Hud: 119)

Orang-orang yang demikian ini mengenal bahwa Allah Maha Bijak serta Maha Mengenal. Tidak hanya itu, mereka juga sadar bahwa Allah tak menciptakan satu makhlukpun dengan sia-sia. Faktor inilah yang membikin pandangan nasibnya senantiasa menjadi positif.

4. QS. Al-Fajr: 14

إِنَّ رَبَّكَ لَبِالْمِرْصَادِ
“Sesungguhnya Tuhanmu sangatlah mengawasi.” (QS. Al-Fajr: 14)

Orang yang mengenal bahwa Allah SWT senantiasa bakal mengawasi segala lakukanannya tak bakal berprilaku aniaya keppada sesama ataupun dirinya sendiri yang memunculkan ketidaktenangan dalam nasibnya.

5. QS. Al-A’la: 17

وَالْآخِرَةُ خَيْرٌ وَأَبْقَىٰ
“Padahal kehidupan akhirat itu lebih baik dan lebih kekal.” (QS. Al-Fajr: 17)

Orang yang mengenal bahwa jalannya terang di masa depan bakal menjadi insan yang lebih baik dari masalalunya.  Itulah yang menyebabkan nasib orang tersebut menjadi lebih semangat serta hari-hari yang dijalaninya pun bakal tenang. angat serta hari-hari yang dijalaninya pun bakal tenang.

6. QS. Al-Baqarah: 261

مَّثَلُ الَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَن يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ
“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 261).

Orang yanng mengenal jika setiap lakukanan baik bakal memperoleh balasan sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat bahkan tak terbatas.

Sementara orang yang melakukan lakukanan kurang baik hanya dihitung satu. Orang yang meyakini faktor ini bakal membikin nasibnya menjadi lebih semangat dalam melakukan lakukanan baik serta rutin gembira.

7. QS. Al-Baqarah: 195

… وَأَحْسِن كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ ۖ وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الْأَرْضِ …
“… dan berbuatbaiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi …” (QS. Al Baqarah: 195)

Tafsir dari ayat ini merupakan oranga yang mengenal bahwa Allah menyukai orang-orang yang senantiasa berbuat kebaikan dalam nasibnya.

Orang yang demikian rutin nasib dalam keoptimisan untuk rutin melakukan amal yang baik. Orang yang demikian ini mengenal bahwa Allah SWT senantiasa bakal menyembunyikan lakukanan kurang baiknya.

Bakal namun Allah bakal senantiasa menampakkan lakukanan baiknya, dengan demikian bakal membikin nasib orang tersebut menjadi lebih tentram serta yakin dengan kasih sayang Allah yang tiada batas.

Demikianlah ulasan tentang ayat dalam Al-Qur’an yang bisa dibaca untuk membikin hati menjadi tenang serta semangat nasib kembali.

Semoga kami senantiasa menjadi hamba Allah SWT yang bertakwa serta menyadari bahwa segala perpersoalanan yang diberbagi oleh Allah itu rutin ada jalan untuk menanggulanginya.




Sumber : islamidia.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Inilah 7 Ayat Ampuh yang Membuat Hati Jadi Tenang Dan Tentram "

Posting Komentar