Ini Daftar Kecelakaan Paling Mengerikan di Ciloto Puncak, 31 Meninggal


Kecelakaan di Ciloto Puncak

Kecelakaan di Ciloto Puncak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Minggu (30/4), menambah daftar kecelakaan paling mengerikan di lokasi itu.

Sebelumnya, kecelakaan tragis beberapa kali terjadi di turunan Ciloto Puncak. Kondisi jalan menurun yang diperparah dengan banyaknya tikungan tajam menyebabkan lokasi itu sangat rawan terjadinya kecelakaan.

Kecelakaan paling mengerikan terjadi pada tahun 2013 lalu. Saat itu, bus pariwisata Mustika Mega Utama yang membawa 65 peziarah dari Bogor mengalami kecelakaan di Ciloto Puncak. Sebanyak 17 penumpang tewas serta dalam kejadian itu.

Deretak kecelakaan di Ciloto Puncak Cianjur yang terjadi sejak 2013 hingga 2017 telah menewaskan 31 orang. Sebagian besar para korban merupakan wisatawan lokal yang hendak berwisata ke Cianjur Jawa Barat.

Berikut ini daftar kecelakaan paling mengerikan di Ciloto Puncak Cianjur:

1. Bus Kitrans Tabrak 8 Kendaraan, 11 Orang Tewas

Bus Kitrans B 7058 BG menabrak 8 kendaraan di depannya dan terguling ke area perkebunan warga, Minggu (30/4/2017). Diduga, bus pariwisata itu mengalami rem blong sehingga lepas kendali.

Kecelakaan maut terjadi di turunan Ciloto, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Cianjur, sekitar pukul 10.30 WIB. Akibat kejadian itu, 11 orang meninggal dunia.

“Berdasarkan penyelidikan sementara yang diperoleh dari lapangan, polisi menyatakan bus tersebut mengalami masalah pada pengereman hingga bus tergelincir dan banyak menghantam kendaraan,” ucap Kasatlantas Pores Cianjur, AKP Erik Bangun.

Diketahui, Bus Kitrans melaju dari arah Bogor dengan tujuan Kebun Raya Cibodas Cipanas Cianjur. Di saat kondisi jalanan sedang macet, bus tersebut menabrak kendaraan yang berada di depannya yakni mobil avanza warna silver nopol B 1087 BIO.

Selanjutnya bus menabrak Toyota Rush putih bernopol B 1672 PYW dan Toyota Avanza Silver dengan nopol B 1608 BKV. Kemudian menabrak angkot jurusan Cipanas-Puncak serta empat sepeda motor.

Bus Kitrans kemudian melaju ke arah kanan jalan dan terguling ke area perkebunan. Bus maut itu berhenti di kebun warga dengan posisi terbalik.

2. Bus Mustika Mega Utama Tabrak Tebing, 17 Tewas

Bus Mustika Mega Utama yang membawa 65 peziarah dari Bogor mengalami kecelakaan di Ciloto Puncak, Cianjur, Rabu, 27 Februari 2013.

Bus menabrak tebing di Ciloto Puncak dan mengakibatkan 17 penumpang tewas. Sebanyak 42 penumpang lainnya menderita luka berat dan ringan.

Kecelakaan maut itu berawal ketika bus bernopol F 7263 K tersebut melaju dari arah Bogor menuju Cikundul, Warungkondang, Cianjur. Sekitar pukul 11:25, bus melaju di turunan Ciloto Puncak, yang kondisi jalannya berlubang dan berkelok-kelok.

Ketika memasuki KM 89 pada pukul 11.30, laju bus tak terkendali dan berjalan zig-zag. Sopir bus, Pandi (45) tak bisa menguasai laju kendaraan karena rem diduga blong. Ia terpaksa menabrakkan bus ke tebing di sebelah kiri jalan.

3. Truk Tabrak Mobil, Tiga Tewas

Sebuah truk pengangkut semen menabrak mobil di Jalan Raya Cipanas-Puncak, tepatnya di jalur Ciloto, Kampung Bondol RT 02 RW 02, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, 24 Oktober 2016.

Akibat kejadian tersebut, tiga orang tewas dan empat lainnya luka berat. Kecelakaan diduga karena truk B 9883 KYU mengalami rem blong.

Berdasarkan keterangan warga sekitar, sopir truk tidak bisa mengendalikan laju kendaraan yang sedang melaju dari arah Puncak menuju Cianjur tersebut.

Kondisi jalur Ciloto Puncak dengan kontur turunan tajam membuat laju tak terkendali dan akhirnya menghantam mobil bernopol B 1833 GEQ yang sedang diparkir dan diperbaiki oleh dua montir di lajur kanan jalan arah Cianjur-Puncak.




Sumber : pojoksatu.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Ini Daftar Kecelakaan Paling Mengerikan di Ciloto Puncak, 31 Meninggal "

Posting Komentar