Begini Hebohnya Video Detik -Detik Ratusan Tahanan Yang Kabur Dari Rutan Di Pekanbaru Ini




Peristiwa kerusuhan terjadi di Rumah Tahanan Sialang Bungkuk, Kecamatan Tenaya Raya, Pekanbaru, Jumat (05/05/2017), sekitar pukul 12.30 WIB. Akibat peristiwa tersebut, ratusan tahanan melarikan diri. Peristiwa tersebut terekam oleh video amatir warga setempat.

“Benar telah terjadi kerusuhan di Rutan Sialang Bungkuk, yang mengakibatkan ratusan orang melarikan diri,” ujar Kepala Sub Bagian Publikasi Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Syarpani saat, Jumat, seperti dikutip dari Kompas.

Menurut Syarpani, saat ini petugas dari Ditjen Pemasyarakatan dibantu petugas Kepolisian sedang melakukan pengecekan di lokasi kerusuhan.

Kerusuhan ini merupakan peristiwa kedua yang terjadi di tahun 2017. Sebelumnya, pada Maret lalu, kerusuhan terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Jambi.

Peristiwa yang terjadi saat dilakukan razia tersebut membuat enam tahanan mengalami luka akibat terkena lemparan batu.

Selain itu, tiga anggota polisi juga ikut terluka saat berupaya menenangkan tahanan yang melawan.

Sementara, Larinya sekitar 200 tahanan di Lapas Sialang Bungkuk  disebabkan karena buruknya pelayanan di dalam Lapas tersebut.

Menurut para napi yang sudah berhasil ditangkap dan keterangan keluarga napi kepada wartawan mengeluhkan buruknya pelayanan di dalam lapas Pekanbaru ini. Misalnya saja masalah air minum harus beli, seharusnya disediakan lapas.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo kepada wartawan di lokasi Lapas Sialang Bungkuk Pekanbaru menjelaskan masalah kerusuhan di lapas ini disebabkan masalah pelayanan.

Kerusuhan dimulai dari Blok C yakni berisi 100 tahanan yang over kapasitas mereka tahanan narkoba dan kriminal umum mereka mengobrak-abrik pintu sel lalu didobrak dan rubuh. Kemudian pintu keluar utama sebelah kanan lapas juga diobrak-abrik hingga terbuka dan tahanan berlarian keluar lapas bak air bah.

“Kapasitas lapas ini sebenar untuk 361 tahanan, tapi diisi oleh 1.800 tahanan. Tahanan yang lari sekitar 200 orang dan baru sekitar 70 orang yang berhasil ditangkap,” kata Kombes Guntur, seperti dikutip dari Riau.co

Masyarakat ikut berperan menangkap para tahanan kabur ini dan diserahkan kepada aparat. Sementara info dari warga, bahwa tahanan saat lari sempat merampas tiga unit motor warga di jalanan dan lalu kabur. Hingga saat ini aparat berwajib masih memburu tahanan kabur.

Sebelum rusuh para tahanan sebenarnya sudah ditenangkan oleh para aparat, mereka minta beberapa polisi minta diganti karena dinilai garang. Tahanan juga aksi tak mau makan karena kesal dengan petugas lapas yang kejam.(Sumber ; suaratkabar.id)

Video tahanan kabur:


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Begini Hebohnya Video Detik -Detik Ratusan Tahanan Yang Kabur Dari Rutan Di Pekanbaru Ini "

Posting Komentar