5 Hal Sepele yang Bisa Bikin Pahala Ramadhan Kamu Berguguran


0

Allah menjanjikan pahala yang berlipat ganda ketika kita menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Itulah sebab di bulan suci, kebanyakan orang berlomba-lomba melakukan ibadah seperti sholat tarawih, tadarus qur’an, puasa hingga bersedekah.

Banyak sekali cara untuk melipat gandakan pahala. Namun, ada juga beberapa kegiatan sepele yang bisa menggugurkan pahala Ramadhan berguguran. Kegiatan sepele apa itu? Berikut penjelasannya.

Bergosip

Semua tahu jika bergosip adalah tindakan yang tidak baik. Begitu berbahayanya hingga bergosip bisa disetarakan dengan memakan bangkai sodara sendiri. Namun saat ini bergosip seperti dianggap tindakan sepele.

Misalnya saja ketika ibu-ibu belanja di pasar. Sambil belaja nyambi ngobrolin si A yang baru cerai dan si B yang dapat uang dengan cara nggak wajar. Bahkan, saat ini sudah banyak sekali program televisi yang bertema gosip selebriti.

Memandang yang Bukan Mahromnya

Seringkali saat keluar rumah kita bertemu dengan seseorang yang bukan mahrom. Melihat adalah hal yang wajar, namun jika intensitas itu sudah bisa disebut “memandang” maka hukumnya terlarang.

Karena pandangan tersebut sudah dicampuri dengan nafsu. Terlebih jika yang didpandang adalah obyek yang seksi, dan mata jadi keenakan saat memandang. Wah, ini sih namanya maksiat mata.

Berbohong

Berbohong adalah mengatakan yang tidak sesuai dengan kenyataan. Orang yang berbohong, sekecil apapun itu tetap saja dianggap pembohong, karena besar kecilnya kebohongan tetap dihukumi dosa.

Seorang muslim yang berbohong, akan mengatakan kebohongan lain guna menutupi kebohongan sebelumnya. Jadi, sebagai muslim, terlebih di bulan yang suci, cobalah membiasakan diri untuk tidak berbohong sekecil apapun itu.

Marah-marah

Berpuasa adalah saat kita belajar menahan hawa nafsu, termasuk keinginan marah juga harus bisa ditekan. Namun, jika kamu tetap marah-marah saat berpuasa, bukan berarti nilai puasamu akan batal, namun pahala yang kamu miliki juga berkurang, berguguran bersama dosa marah-marah tersebut.

Makanya, jika kamu tak ingin berpuasa dengan mendapat rasa lapar dan haus saja, usahakan kamu bisa menahan diri dari segala emosi. Hal tersebut agar pahala bulan Ramadhanmu tetap utuh.

Tidur Sepanjang Hari

Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah, namun jika karena lemas berpuasa dan kamu tidur seharian, itu juga bukan hal yang benar. Ibaratnya di dunia sedang ada pembagian hadiah, kamu bukannya berusaha mendapatkan hadiah tersebut malah lebih milih tidur.

Itu artinya kamu adalah orang yang sangat merugi. Belum lagi kalau kamu tidurnya sampai melewatkan sholat, malah jadi dosa besar nilai tidurmu.

Nah, jika sudah mengetahui apa saja hal sepele yang dapat mengancam pahala Ramadhan, mending mulai saat ini lebih hati-hati ya. Jangan sampai kita melakukan hal sepele yang tersebut.



Sumber : orangdalam.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 5 Hal Sepele yang Bisa Bikin Pahala Ramadhan Kamu Berguguran "

Posting Komentar