Lima Alasan AS Tidak Dapat Menyerang Korea Utara Seperti Suriah


 Hasil gambar untuk korea utara

Ketegangan yang terjadi di semenanjung Korea antara Amerika Serikat dan Korea Utara diyakini sejumlah pihak tidak akan berlanjut.

Ada lima alasan mengapa AS tidak dapat menyerang Korea Utara seperti yang telah dilakukan di Suriah.

1. Mengapa AS tidak bisa menyerang Korea Utara Seperti Suriah?

Semenanjung Korea secara teknis masih dalam keadaan perang. Perang dihentikan pada 27 Juli 1953 di bawah gencatan senjata ditandatangani antara Washington dan Beijing. Jika AS memulai serangan, itu akan mematahkan perjanjian yang disahkan oleh PBB.

2. Apa perbedaan antara Korea Utara dan Suriah?

Suriah dikabarkan baru hendak membangun senjata nuklir, sementara kemampuan senjata nuklir Korea Utara telah matang dalam beberapa tahun terakhir. Pyongyang telah melakukan lima uji coba nuklir dan mengklaim telah berhasil membuta “miniatur” hulu ledak nuklir – meskipun klaim tersebut tidak pernah diverifikasi secara independen.

Para ahli militer percaya bahwa Korea Utara terus belajar untuk mengembangkan, rudal balistik antarbenua. Diprediksikan rudal itu dapat mencapai Amerika Serikat dalam empat tahun mendatang, dalam pemerintahan presiden Trump.

3. Mengapa Cina harus berdiri oleh Korea Utara jika diserang oleh AS?

China adalah sekutu Korea Utara. Pada tahun 1961, kedua negara menandatangani Sino-Korea Utara Gotong Royong dan Kerjasama Persahabatan Treaty, di mana kedua belah pihak diwajibkan untuk menawarkan langsung militer dan bantuan lain jika ada serangan luar. Perjanjian ini berlaku sampai 2021.

4. Mengapa China bersikeras menempuh resolusi damai dan menentang opsi militer oleh AS?

Cina khawatir bahwa provinsi perbatasan akan dibanjiri dengan pengungsi Korea Utara jika rezim Kim runtuh. Dari sudut pandang geopolitik, pandangan Beijing Korea Utara sebagai zona penyangga dari potensi perambahan oleh kekuatan diselaraskan dengan AS, termasuk Jepang dan Korea Selatan.

5. Selain China, ini negara-negara lain menentang serangan militer terhadap Pyongyang?

Korea Selatan dan Jepang lebih memilih pilihan non-militer. Sebab ibukota Korea Selatan, Seoul, hanya sekitar 40 km dari perbatasan dan sangat rentan terhadap serangan Korea Utara.

Sam Gardiner, seorang pensiunan Angkatan Udara kolonel, seperti dikutip dalam sebuah wawancara dengan
majalah The Atlantic yang mengatakan AS “tidak bisa melindungi Seoul, setidaknya untuk 24 jam pertama perang, dan mungkin untuk pertama 48”.



Sumber : pojoksatu.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Lima Alasan AS Tidak Dapat Menyerang Korea Utara Seperti Suriah "

Posting Komentar