Resep Bebek Goreng Empuk dan Gurih Ala H Slamet




Resep Bebek Goreng Empuk dan Gurih Ala H Slamet banyak dicari penggemar kuliner karena telah terkenal dimana-mana terutama dengan cita rasa serta tekstur daging bebek goreng yang empuk dan lezat. Di Ibukota Jakarta kios kios bebek goreng haji slamet menjamur dimana-mana tidak hanya di jalan protokol saja tetapi sudah ada di jalan lingkungan juga lho, hal ini membuktikan bahwa bebek H. Slamet telah mendapat tempat tersendiri di hati para pecinta kuliner. Pada kesempatan ini kami akan bahas menu utamanya yaitu resep bebek goreng haji slamet yang terkenal empuk itu.

Daging bebek memang memiliki citarasa khas yang berbeda dengan daging unggas lainnya karena dalam daging bebek memiliki kandungan lemak yang lebih banyak dibanding daging ayam atau sejenisnya. Bila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar daging bebek sangat bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung kalori, protein, lemak sehat, zat besi, vitamin b6, vitamin b12, mineral dan lain-lain. Beberapa manfaat dari daging bebek yang dikonsumsi dalam takaran yang dianjurkan antara lain berguna bagi tubuh untuk menjaga kerja otot serta tekanan darah karena daging bebek mengandung sodium.

Sementara kandungan zat besi dan vitamin b12 dapat mencegah anemia hal ini dikarenakan zat besi sangat diperlukan pada pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Sedangkan unsur fosfor, b6, asam amino dan asam lemak berguna bagi sistem metabolisme tubuh kita. Itulah beberapa manfaat dari mengkonsumsi daging bebek secara wajar, mungkin masih banyak lagi manfaat lainnya yang tidak sempat dijelaskan karena dalam kesempatan ini yang akan dibahas lebih dalam adalah cara membuat Bebek Goreng Empuk dan Gurih Ala H Slamet yang sudah terkenal. Langsung saja berikut disampaikan bahan dan cara mengolah daging bebek agar empuk dan gurih.

Bahan Bebek Goreng Empuk dan Gurih Ala H Slamet

1 ekor bebek dan usahakan cari bebek yang masih muda lalu dipotong menjadi 4 bagian atau dipotong sesuai kebutuhan dan selera tentunya, dan jangan lupa dibersihkan ya agar bulu dan kotorannya hilang.
1 buah jeruk nipis yang nanti diambil airnya, tujuan utamanya agar bau amis pada daging bebek hilang.
5 lembar daun jeruk purut
2 batang serai yang dimemarkan pada pangkal akarnya
2 cm lengkuas juga dimemarkan
1 bungkus penyedap rasa ayam (hanya bagi yang suka penyedap rasa)
1 sendok teh gula pasir
minyak goreng secukupnya

Bumbu Bebek Goreng Empuk dan Gurih Ala H Slamet yang dihaluskan.

7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 cm lengkuas muda diparut
3 butir kemiri
3 sendok teh ketumbar disangrai dahulu sebelum dihaluskan
3 cm kunyit
3 cm jahe
2 sendok teh garam
1 batang serai diambil bagian putihnya lalu diiris halus
1 sendok teh merica biji

Bahan bahan di atas sangat mudah didapatkan baik di pasar tradisional atau di pasar modern seperti supermarket, pasar segar dan sebagainya. Bila semuanya sudah ada dan peralatan dapur juga sudah siap mari kita membuat bebek goreng empuk ini.

1.Satu ekor bebek yang sudah dipotong menjadi 4 bagian dan sudah dicuci bersih tadi dilumuri dengan air jeruk nipis diseluruh bagian dagingnya sambil diremas-remas sampai merata di seluruh bagian daging bebek tersebut, hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan bau amis. Setelah air jeruk nipis merata pada daging bebek selanjutnya wadah ditutup rapat dan simpan sementara dalam lemari es selama 30 menit agar aroma jeruk meresap dalam daging. Setelah waktu yang ditentukan yaitu 30 menit baru daging bebek dibilas kembali dengan air bersih dan ditiriskan airnya.

2.Haluskan bumbu-bumbu yang terdiri dari 7 butir bawang merah, 5 siung bawang putih, 5 cm lengkuas muda parut, 3 butir kemiri, 3 sendok teh ketumbar sangrai, 3 cm kunyit, 3 cm jahe, 2 sendok teh garam, 1 batang serai iris halus dan 1 sendok teh merica biji. Setelah halus lalu bumbu tersebut digoreng hingga harum dan masukkan  5 lembar daun jeruk purut, 2 cm lengkuas yang sudah dimemarkan, 1 bungkus penyedap rasa ayam dan 1 sendok teh gula pasir.

3.Bila bumbu telah mengeluarkan aroma wangi masukkan potongan daging bebek dan diaduk agar bumbu meresap dan semua bagian daging bebek terbalur bumbu. Tuangi air secukupnya dan dimasak dengan menggunakan api sedang sampai airnya mendidih. Setelah mendidih kecilkan apinya dan biarkan daging bebek sampai empuk dan bila airnya berkurang dapat ditambahkan lagi sampai bebek benar-benar empuk. Jangan lupa untuk mencicipi bumbunya dan bila dirasa ada yang kurang misalnya kurang asin, kurang manis dan sebagainya bisa ditambahkan sesuai selera masing-masing.

4.Setelah daging bebek empuk matikan kompornya dan biarkan selama 1 jam agar bumbu-bumbu meresap dalam daging. Sementara siapkan minyak panas yang banyak untuk menggoreng bebek yang telah didiamkan selama 1 jam tadi.

5.Setelah minyak panas masukkan potongan bebek dan goreng hingga daging bebek kering baru kemudian diangkat dan ditiriskan. Bersama dengan sambal korek bebek goreng empuk dan gurih ala H Slamet sudah siap untuk disajikan.

Selain dengan sambal korek yang menjadi ciri khas pendamping bebek goreng empuk haji Slamet variasikan juga dengan irisan ketimun, kol, daun kemangi dan lain-lain agar lebih lengkap menikmatinya. Pada ukuran 1 ekor bebek bila dipotong menjadi 4 bagian maka dapat dihidangkan untuk 4 orang atau 4 porsi. Bagaimana tertarik untuk mencobanya ? selamat mencoba.




Sumber : iniresepnya.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Resep Bebek Goreng Empuk dan Gurih Ala H Slamet "

Posting Komentar