Masya Allah... Ini Makna Membaca Basmalah Sebelum Makan


Membaca basmalah adalah prosedur standar seorang Muslim sebelum menyantap makanan. Hal ini sangat penting karena aktivitas makan atau minum yang tidak diawali dengan doa akan mengundang setan untuk turut serta. Jika demikian, makan dan minum kita menjadi aktivitas pemuas hawa nafsu belaka.
.
Rasulullah SAW bersabda “Apabila seseorang masuk ke dalam rumahnya dengan mengucapkan bismillah dan ketika hendak makan maka setan akan berkata kepada temannya, ‘tiada tempat tinggal dan tiada pula bagian makanan untuk kita di sini. sedangkan apabila orang itu masuk tanpa menyebut nama Allah maka setan akan berkata, kita dapat bermalam di rumah ini. Lalu ketika makan tidak menyebut nama Allah, setan pun berkata, kita dapat bermalam dan makan di sini.” (HR Muslim dari Jabri bin Abdullah).
.
Secara filosofis. Konsep basmalah dapat diibaratkan dengan ikrar janji setia antara sang raja dan wakil nya. Basmalah adalah sebuah surat keputusan diutusnya manusia sebagai duta besar Allah Azza wa Jalla di muka bumi dengan tujuan untuk menebarkan kasih dan sayang kepada semua makhluk. Hal ini merujuk pada diutusannya Rasulullah SAW ke dunia, dan tiadalah kami mengutus kamu (wahai Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam. (QS Al- Anbiya [21]:107).
.
Ketika manusia telah mendeklarasikan peran dirinya tersebut, pola pikir yang melandasi setiap tindaknnya pun akan mengacu pada konsep menyebarkan kasih sayang. Dia pun akan mengacu pada konsep menyebarkan kasih sayang. Dia pun tidak mungkin lagi berbuat zalim dan mengkhianati amanah suci yang telah diamanatkan oleh Allah SWT kepadanya.
.
Itulah sebabnya, Rasulullah SAW mengajarkan kita mengawali dan mengakhiri prosesi makan dan minum tadi dengan doa, minimal kita mengawalinya dengan basmalah dan mengakhirinya dengan hamdalah Sebagai wujud konsep kasih sayang.
.
Wallahu a’lam | semoga bermanfaat | via islampos.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Masya Allah... Ini Makna Membaca Basmalah Sebelum Makan "

Poskan Komentar