Berikut Adalah Dalil Haramnya Rokok, Jika Masih Tetap Merokok, Ingatlah Tiap Batang akan Terhitung Dosa ! SEBARKAN


Beikut dalil haramnya rokok, jika masih tetap merokok, ingatlah tiap Batang akan terhitung dosa, bahkan tiap hisapan adalah dosa dan setiap hembusan asapnya juga termasuk dosa, jadi untuk apa menumpuk dosa dan menyakiti organ tubuh?
.
Allah Ta’ala berfirman,
.
وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ
.
“Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan“. (QS. Al Baqarah: 195).
.
Karena merokok dapat menjerumuskan dalam kebinasaan, yaitu merusak seluruh sistem tubuh (menimbulkan penyakit kanker, penyakit pernafasan, penyakit jantung, penyakit pencernaan, berefek buruk bagi janin, dan merusak sistem reproduksi), dari alasan ini sangat jelas rokok terlarang atau haram.
.
Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
.
لا ضَرَرَ ولا ضِرارَ
.
“Tidak boleh memulai memberi dampak buruk (mudhorot) pada orang lain, begitu pula membalasnya.” (HR. Ibnu Majah no. 2340, Ad Daruquthni 3/77, Al Baihaqi 6/69, Al Hakim 2/66. Kata Syaikh Al Albani hadits ini shahih).
.
Dalam hadits ini dengan jelas terlarang memberi mudhorot pada orang lain dan rokok termasuk dalam larangan ini.
.
Perlu diketahui bahwa merokok pernah dilarang oleh Khalifah Utsmani pada abad ke-12 Hijriyah dan orang yang merokok dikenakan sanksi, serta rokok yang beredar disita pemerintah, lalu dimusnahkan. Para ulama mengharamkan merokok berdasarkan kesepakatan para dokter di masa itu yang menyatakan bahwa rokok sangat berbahaya terhadap kesehatan tubuh. Ia dapat merusak jantung, penyebab batuk kronis, mempersempit aliran darah yang menyebabkan tidak lancarnya darah dan berakhir dengan kematian mendadak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Berikut Adalah Dalil Haramnya Rokok, Jika Masih Tetap Merokok, Ingatlah Tiap Batang akan Terhitung Dosa ! SEBARKAN "

Posting Komentar