5 Tata Krama Ini Terlihat Simpel Tapi Sering Kamu Lupain


Hasil gambar untuk tata krama

Kalau kamu ngaku orang Indonesia, pasti sejak kecil kamu udah diajarin yang namanya tata krama. Secara Indonesia itu kan negara yang berbudaya, jadi gak bisa dong kamu berbuat seenaknya, apalagi kepada orang yang lebih tua. Nah supaya kamu inget caranya bersopan santun, maka kali ini MBDC akan ngingetin dikit tentang tata krama yang mungkin udah mulai kamu lupain.

Gak Ngerokok Waktu Ngobrol

Apalagi yang kamu ajak ngobrol itu bukan perokok. Ya bukan apa-apa sih, cuma kalau kamu ngobrol sambil ngebal-ngebulin asap rokok itu kamu gak bakalan dapet predikat keren. Yang ada malah kamu bakalan di cap sebagai orang yang gak tau etika. Gimana enggak, pas lagi enak-enak ngobrol ngebahas sesuatu, kamu seenaknya aja nyemburin asap ke muka orang yang kamu ajak ngobrol. Lagian menurut penelitian nih, perokok pasif itu tiga kali lebih beresiko kena penyakit jantung dan paru-paru daripada perokok aktif. Udah gak sopan, nular-nularin penyakit lagi. Idih. Makanya lain kali mendingan kamu jangan ngisep rokok lagi lah. Mending ngisep lainnya yang gak ngeluarin asap. Iya gak!

Lepas Helm

Ngelepasin helm ketika kamu masuk ke rumah orang itu sebenernya juga bagian dari tata krama juga lho. Cuma sekarang banyak banget orang yang merasa dirinya terlalu sibuk bahkan sekedar untuk melepaskan helmnya. Kalau ditanya jawabnya paling lagi buru-buru, abis ini mau ke sanalah, mau kemana lagi lah. Terus juga nih kalau kamu misalnya mau tanya sesuatu sama orang yang kamu temuin di jalan. Setelah menepikan kendaraan kamu, sebaiknya kamu melepaskan helm kamu lebih dahulu sebelum menanyakan sesuatu sama orang. Karena kalau kamu bicara tapi masih pake helm itu kesannya gak sopan banget. Gak menghargain orang gitu lah. Lagian apa susahnya sih sekedar ngelepasin helm. Kan tinggal buka pengaitnya, terus angkat helm kamu pelan-pelan, maka kepala kamu akan terlihat lebih bebas beserta rambut-rambutnya.

Lepas Jaket

Sama kayak ngelepasin helm, sebenernya ada peraturan gak tertulis bahwa kalau masuk ke rumah itu sebaiknya kamu ngelepasin jaket yang kamu pakai. Kecuali kalau kamu cuma sebentar dan di teras rumah aja gak apa-apa sih. Tapi kalau kamu main-mainnya agak lamaan dikit, ya buka dong itu jaketnya daripada nanti kamu dianggep orang yang gak punya sopan santun. Inget buka jaketnya biasa aja. Gak perlu kamu buka jaketnya pelan-pelan kayak lagi nari striptis gitu. Dan gak usah juga kamu berhentiin buka jaketnya pas di pundak terus kamu kedipin mata. Apalagi sambil melet-melet. Ntar yang ada malah kamu diusir dari rumah orang.

Memperkenalkan Diri

Terutama kalau lewat telepon. Soalnya orang jaman sekarang itu kalau nelpon banyak banget yang lupa memperkenalkan dirinya. Begitu kring-kring telpon diangkat sambil bilang halo, yang di ujung sana malah langsung nyamber aja nanyain "Ini siapa ya?" Eh elu keles yang harusnya memperkenalkan diri dulu. Bilang kek yang sopan mau cari siapa, ada keperluan apa. Jangan tiba-tiba nginterogasi yang nerima telpon gitu dong. Meskipun sekarang ini kebanyakan orang udah punya telpon pribadi, tapi kan bisa aja telponnya itu yang ngangkat oomnya atau tantenya gitu. Jadi ya mending tanya dulu lah baik-baik seraya kamu memperkenalkan diri. Siapa tau oomnya atau tantenya temen kamu itu jadi seneng sama kamu. Kan lumayan.

Menghargai Privasi

Kalau yang ini harusnya gak perlu dijelasin juga lah. Menjaga dan menghargai privasi orang lain itu sebenernya juga termasuk bagian dari tata krama. Simpel sih tapi susah banget dilakuin. Soalnya seiring dengan makin berkembangnya teknologi dan makin maraknya sosial media, batas antara informasi dan privasi itu jadi makin tipis. Lebih tipis dari jaring-jaring yang dipakai di lingerie malah. Jadi kalau kamu ketemu sama orang yang seneng pake topeng, selama dia gak ganggu ya biarin aja. Gak usah kamu ungkit-ungkit tentang siapa dia sebenarnya. Ahak.

Ya udah gitu aja sih sebagian dari tata krama simple yang mungkin kamu udah mulai lupain. Dikasih lima point dulu aja. Soalnya nanti kalau kebanyakan paling ya kamu lupa lagi. Lima dulu itu aja kamu apalin, besok-besok MBDC bakalan ngasih kamu pertanyaan secara random. Nanti buat yang bisa jawab bakalan dapet...............ucapan terima kasih. Btw ucapan terima kasih itu bagian dari tata krama juga lho.



Sumber : malesbanget.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 5 Tata Krama Ini Terlihat Simpel Tapi Sering Kamu Lupain "

Posting Komentar