Penting! Inilah Dosa-Dosa Penjual Online yang Perlu Diwaspadai


1. Foto produk dan deskripsi produk tidak sesuai dengan aslinya
Karena pengaruh lighting saat pemotretan, biasanya ada perbedaan antara warna produk di foto dengan aslinya. Oleh sebab itu, perbedaan-perbedaan ini perlu dijelaskan oleh penjual agar pembeli tidak merasa tertipu atau keliru memilih barang.
.
“Pedagang yang jujur dan terpercaya akan dibangkitkan bersama para Nabi, orang-orang shiddiq dan para syuhada.” (HR. Tirmidzi no.1209)
.
2. Membuat testimoni palsu
Karena masih produk baru dan belum ada pembeli, banyak penjual online yang akhirnya membuat testimoni palsu yang membagus-baguskan produk dagangannya untuk meyakinkan calon pembeli.
.
Dari ‘Abdurrahman bin Syibel, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Para pedagang adalah tukang maksiat”. Di antara para sahabat ada yang bertanya: “Wahai Rasulullah, bukankah Allah telah menghalalkan jual-beli?” Rasulullah menjawab: “Ya, namun mereka sering berdusta dalam berkata, juga sering bersumpah namun sumpahnya palsu”. (HR. Ahmad)
.
3. Tidak mengecek kualitas barang sebelum dikirim sehingga memberikan barang yang cacat
Kadang kala penjual tidak memastikan kualitas barang pesanan sebelum dikirim, sehingga memberikan barang yang cacat kepada costumer dan tidak bersedia memberi barang ganti sebagai kompensasi. Padahal jelas Rasulullah bersabda, "Barangsiapa menjual barang jelek & tak menjelaskannya, maka ia senantiasa dalam murka Allah & laknat para malaikat." (HR. Ibnu Majah, no. 2238)
.
4. Lupa bahwa godaan setan amat banyak dalam perniagaan
Karena terlalu seru berdagang online, akhirnya bablas waktu shalat, lupa berdzikir, serta lupa mengumpulkan bekal akhirat. .
.5. Tidak peduli pada halal/ haramnya produk yang dijual
Ada penjual online yang berdagang obat aborsi untuk menggugurkan kandungan, menjual makanan yang tidak jelas halal/ haramnya, minuman keras, kosmetika yang mengandung merkuri, serta berbagai produk yang bahkan sudah jelas-jelas haram diperjualbelikan.
.
"Sesungguhnya Allah dan Rosulnya mengharamkan jual beli arak, bangkai, babi dan berhala." (HR. Bukhari dan Muslim).
.
Wallahu A’lam Bishawab.

Semoga bermanfaat | via ummi-online.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Penting! Inilah Dosa-Dosa Penjual Online yang Perlu Diwaspadai "

Poskan Komentar