Memompa Balon Tanpa Ditiup. Bisa Dilakukan Bersama Si Buah Hati Kita. Begini Caranya...


balon mengembang

Dunia anak-anak adalah dunia bermain. Bermain meupakan salah satu cara anak dalam belajar.  Dalam permainan yang dilakukan sang buah hati, tentu kita ingin buah hati mendapatkan sesuatu. Apalagi kalau anda ikut bermain bersama buah hati, tentu ini akan mendekatkan ikatan antara orang tua dan anak. Selan itu anda juga bisa berperan serta dalam merancang dan mengembangkan permainan yang menarik dan bermanfaat untuk sang anak.

Kali ini, kami ingin berbagi salah satu percobaan sains yang bisa dilakukan anda bersama buah hati di rumah, dengan tema permainana menjadi ilmuwan. anda tidak perlu khawatir, permainan menjadi ilmuwan ini tidak memerlukan peralatan super canggih atau tabung-tabung reaksi, pun tidak memerlukan cairan kimia yang berbahaya. Alat dan bahan yang digunakan sangat mudah ditemukan di dapur anda. Dan InsyaAllah ini bukanlah percobaan sains yang berbahaya.

Melakukan percobaan sains di rumah bersama anda tentu menjadi pengalaman yang menarik dan menyenangkan bagi anak. Agar lebih seru, anda bisa berperan sebagai ilmuwan didukung dengan aksesoris pendukung agar tampak sebagai ilmuwan, misalnya menggunakan jas lab putih.  Berperan sebagai ilmuwan cilik, menjadi cara yang menyenangkan bagi anak untuk mengenal sains. Dengan melakukan percobaan-percobaan sederhana di rumah, bisa meningkatkan rasa ingin tahu dan minat belajar anak pada ilmu sains.

Penasaran seperti apa percobaannya? Yuk simak uraian berikut ini.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan anda adalah cuka, baking soda, corong, botol bekas, dan balon.

alat dan bahan - percobaan sains

Menggunakan corong, masukkan baking soda ke dalam balon sebanyak 1 sendok makan. Kocok perlahan balon untuk memastikan semua baking soda sudah jatuh ke dasar balon. Kemudian cuci corongnya dan keringkan.

masukan cuka

Tuang cuka ke dalam botol bekas menggunakan corong (yang sudah bersih dan kering) sebanyak setengah gelas.

Rekatkan mulut balon pada mulut botol. Pastikan mulut balon mencengkram kuat mulut botol.

rekatkan mulut balon dengan botol - Percobaan sains

Lakukan dengan hati-hati agar tidak ada baking soda yang jatuh ke dalam botol.


Jika semua telah siap, angkat balon secara perlahan sehingga baking soda jatuh ke dalam cuka.

Balon mengembang - Percobaan sains: Memompa balon yang menakjubkan

Dan setelah itu,  kita tunggu reaksinya. Perlahan-lahan balon akan mulai mengembang. anda bisa melihat wajah takjub putra-putri ketika menyaksikan balon mengembang tanpa perlu ditiup. Jika anda bisa membawa suasana menjadi menyenangkan dan santai, kemungkinan anak ingin mengulang percobaan ini hingga berkali-kali. Sebab di usia anak-anak, rasa ingin tahu dan antusiasme mereka begitu besar. Sayang kan, kalau anda melewatkan masa-masa ini.

Jika anak bertanya mengapa balon bisa mengembang? anda bisa menerangkan peristiwa ini dengan nalar sederhana yang bisa diterima buah hati. Berikut adalah penjelasannya: balon mengembang tanpa ditiup sebab di dalam botol terjadi reaksi kimia antara cuka dan baking soda. Bukti dari adanya reaksi kimia adalah timbulnya gelembung-gelembung dalam botol.  Dari reaksi kimia ini, dihasilkan gas yang menekan balon sehingga balon mengembang.

Semoga putera puteri anda menyukai percobaan ini sehingga semakin tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang ilmu sains. Ilmu sains tidaklah selalu harus dikenalkan dengan cara yang rumit dan terlihat sulit. Sebab hal itu justru bisa membuat anak menjadi takut dan menjauhi ilmu sains. (abiummi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Memompa Balon Tanpa Ditiup. Bisa Dilakukan Bersama Si Buah Hati Kita. Begini Caranya... "

Posting Komentar