Inilah 10 Cara Menghilangkan Cegukan Secara Alami


gambar88.com

Cegukan atau hiccups ini adalah suatu gejala yang ditandai keluarnya suara yang berasal dari mulut. Cegukan terjadi tidak hanya pada bayi, namun orang dewasa pun kadang mengalami cegukan. Cegukan biasa terjadi karena kurangnya kadar mineral yang ada di dalam tubuh atau bisa juga kurang minum.

Cegukan memang tidak membahayakan, namun terkadang juga membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan menjengkelkan apalagi jika cegukan tersebut tidak kunjung sembuh. Lalu, bagaimanakah mengatasi cegukan?

1
Minum Air Putih

Cara yang pertama adalah kamu dapat lakukan adalah minum air putih yang banyak, namun tidak sekaligus langsung banyak sedikit demi sedikit saja. Selain itu, sebaiknya minum air putih sambil menunduk lalu minum air melalui bibir gelas dengan jarak yang agak jauh yaitu seberang bibir gelas.

Oh iya, untuk tidak cegukan lagi, sebaiknya kamu minum air putih yang cukup kurang lebih 2 liter per hari. Kalaupun lebih tidak apa-apa malahan lebih bagus.

2
Mendongakkan Leher ke Belakang

Cara mengatasi cegukan berikutnya adalah kamu dapat mendongakkan leher ke belakang sedikit. Kemudian tambahkan 1 sendok gula pasir ke lidah, tapi jangan ditelan ya. Setelah itu, telan air liur yang muncul ketika gula pasir di tempelkan ke lidah. Nah, pada saat gula pasir telah larut, minumlah air putih sebanyak 1 gelas saja.

3
Tahan Nafas Sesaat

Tips berikutnya adalah dengan menahan nafas selama beberapa detik. Kemudian ambil nafas kembali seperti biasa. Kamu dapat melakukan hal ini beberapa kali hingga cegukan benar-benar hilang.

4
Es Batu

Es batu juga dapat menenangkan saraf iritasi dan juga membantu untuk menghilangkan cegukan. Caranya kamu dapat memasukkan ke dalam mulut kamu, ataupun gosokkan dengan lembut pada wajah kamu. Atau bisa juga dengan mengusapkan es batu ke dagu, lalu minum air hingga beberapa tetes saja. Perasaan yang tiba-tiba dingin tanpa diantisipasi akan membuat cegukan kamu pergi.

5
Kantong Kertas

Kamu juga dapat memanfaatkan media kantong kertas loh, untuk menghilangkan gejala cegukan. Caranya kamu dapat meletakkan kantong kertas pada mulut, kemudian tahan nafas perlahan selama 10 detik. Setelah itu ambil nafas hingga beberapa kali, kamu dapat melakukan ini hingga cegukan menghilang.

6
Mengalihkan Perhatian

Saat cegukan terjadi, kamu bisa mengalihkan perhatian. Caranya kamu bisa meminta bantuan teman untuk membuat kamu kaget sehingga cegukan akan berhenti dengan mudahnya.

7
Mengkonsumsi Makanan Asam

Kamu bisa mengonsumsi makanan yang asam untuk menghilangkan gejala cegukan, contohnya seperti cuka. Karena cuka memiliki sifat asam yang dapat menjadi stimulan pada pernafasan di dalam tubuh. Salain itu, saat kamu mengonsumsi cuka, maka secara tidak langsung akan mengeryitkan wajah. Hal inilah secara langsung bisa meredakan cegukan.

8
Memakai Minyak Kayu Putih

Salah satu cara untuk meredakan cegukan adalah dengan mengusapkan minyak kayu putih pada leher hingga perut. Dengan minyak kayu putih inilah semua organ di dalam tubuh dapat normal lagi.

9
Selai Kacang

Ternyata selai kacang dapat membantu merangsang saraf vagus dan menghentikan cegukan kamu loh. Kamu juga bisa menggunakan selai kacang ketika menderita cegukan. Caranya ambil selai kacang di emut-emut selama beberapa detik kemudian telan.

10
Korek Kuping

Kamu dapat memasukkan ujung jari ke dalam teling secara bersamaan dan tahan selama kurang dari lima menit. Dorong sedikit-sedikit secara perlahan, tapi jangan mendorong terlalu keras karena akan dapat merusak teling kamu. Cabang-cabang urat syaraf vagus akan menjadi panjang di dalam teling dan jari pun akan merangsang mereka untuk berhenti cegukan.


Sumber : satujam.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Inilah 10 Cara Menghilangkan Cegukan Secara Alami "

Posting Komentar